Kamis, 04 Oktober 2012

Peranan Bahasa Indonesia Dalam Sektor Era Globalisasi


Nama :       SERLY HADIANI
Npm   :       56212944
Tingkatkan Ekstitensi Berbahasa Dalam Era Globalisasi

Bahasa Indonesia adalah bahasa kebangsaan masyarakat Indonesia yang harus kita pelajari dan wajib kita gunakan dalam bahasa sehari-hari, terutama yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta dan kota-kota lainnya. Bahasa Indonesia mempunyai peranan penting untuk segala aspek baik itu dalam komunikasi maupun interaksi sosial.
Peranan bahasa Indonesia di era globalisasi sangatlah penting dan bermanfaat seiring berkembangnya teknologi-teknologi yang canggih dan modern, berdirinya perusahaan-perusahaan besar di Indonesia ini yang cenderung didirikan oleh WNA(Warga Negara Asing) maka peranan bahasa Indonesia sangatlah dibutuhkan dalam dunia bisnis maupun industri.
Namun peranan Bahasa Indonesia juga yang tidak terlalu produktif. Dalam arti pengenalan bahasa yang kurang meluas, kita bisa Bereklame Bahasa Indonesia dengan cara berinteraksi lewat pengenalan budaya dan keindahan Negara kita, meski cara ini kurang efektif melihat susut perekonomian kita dipasar Global yang kurang baik.
Dijaman globalisasi ini digaris besarkan masyarakat umumnya warga Indonesia sudah sedikit yang tidak menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam hal berkomunikasi. Terutama generasi muda contohnya : anak sekolah tidak jarang berkomunikasi dengan gurunya menggunakan bahasa yang baik.
Menurut pendafat saya perlu di tambahkan nya peningkatan interaksi antara masyarakat Indonesia mau pun masyarakat luar lain nya  agar peranan bahasa Indonesia dijaman globalisasi ini lebih dimanfaatkan  karna dibekali dengan ilmu berkomunikasi yang dapat membuat interaksi itu terjalin sehingga tidak ada rasa saling membeda-bedakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar